SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
Cara membuat daftar Isi, gambar, Tabel dan pustaka
October 20th, 2013 by hardi santosa

Saat membuat proposal hal yang perlu diperhatikan dalam format penulisan yaitu pembuatan daftar isi, gambar dan tabel serta penomoran. berikut tips nya yang bisa dilakukan pada ms word office 2013 :

1. Membuat Daftar Isi

Langkah-langkah:

– Ketikkan dulu seluruh dokumen yang ada

– Setelah pengetikan selesai, atur heading (menu references yang ada di ribbon Home) pada masing-masing judul bab dan judul subbab I, II, dst. Caranya blok judul bab lalu klik add teks pada references dan pilih level headingnya.

Pengaturan heading di sini harus berbeda antara judul dengan sub judul namun konsisten pada sesama jenis, misal : untuk judul bab kita menggunakan tipe heading 1, maka untuk semua judul bab harus pula menggunakan heading 1, sedangkan untuk sub judul gunakanlah heading yang berbeda namun tetap sama untuk sub judul yang setingkat.

– Jika semua judul dan subjudul telah diberi heading, maka aturlah posisi kursor di halaman penulisan daftar isi.

– Kemudian pilih references pada ribbon, lalu klik menu Table of Contents dan pilih style dari daftar isi yang Anda inginkan

– Selesai

 

2. Membuat Daftar Tabel dan Daftar Gambar

Langkah-langkah:

– Tabel atau gambar yang ada pada dokumen perlu Anda berikan Caption/label terlebih dahulu, caranya adalah klik menu references lalu pilih menu Insert caption.. atur posisi label yang ada (misal Figure atau Table), jika belum ada label yang sesuai dengan keinginan Anda, maka Anda bisa membuatnya melalui New Label yang ada pada menu Insert Caption tadi.

– Labeli tabel atau gambar Anda

– Jika sudah memiliki label, maka Anda perlu mengatur posisi kursor di halaman yang akan diisi Daftar Tabel atau Gambar.

– Pergi lagi ke menu References dan pilih Insert Table of Figures, lalu Anda perlu menyesuaikan label apa yang akan dibuat daftarnya, apakah Figure (gambar) atau Table (tabel).

– Selesai.

 

3. Membuat Daftar Pustaka

Langkah-langkah:

– Pertama Anda perlu membuat kutipan pada dokumen => posisikan kursor pada posisi dimana kutipan akan dibuat, lalu pilih menu References => lalu menu Insert Citation, pilih tipe referensi (misal buku, website, dll),lengkapi semua data yang perlu diisikan, jika sudah maka klik OK dan kutipan Anda telah jadi.

– Jika kutipan telah jadi, maka Anda tinggal menempatkan kursor dihalaman tempat Daftar Pustaka akan mulai ditulis, lalu ke menu References dan pilih Bibliography.

– Selesailah kutipan dan daftar pustaka pada dokumen Anda.

 

4. Mebuat Penomoran halaman

langkah-langkah :

– pada menu ribbon pilih insert header&footer pilih page number lalu pilih letak penomorannya (top apa bottom)

– untuk tipe nomer, saat page number pilih format page number lalu format number page pilih tipe penomoran yang Anda inginkan.

– untuk penomoran halaman yang berbeda ( halaman judul, daftar isi yang berformat angka romawi dan halaman isi yang berformat angka arab) maka setting halamannya terlebih dahulu dengan cara pisahkan halaman isi dari halaman sebelumnya dengan cara pilih page layout lalu break ( agar halaman penomorannya terpisah maka pilih Next page).

 

 

 

 


One Response  
  • mas dafa writes:
    September 4th, 20169:21 amat

    ini info yang sangat membantu sekali


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

»  Substance:WordPress   »  Style:Ahren Ahimsa