Cara Mengecas BlackBerry yang Benar


Mengecas BlackBerry sebenarnya erat kaitannya dengan perawatan baterainya yang umumnya berjenis Lithium-Ion. Jadi, agar hasilnya optimal, mengecas BlackBerry ketika pertama kali beli sebaiknya mengikuti kaidah-kaidah perawatan baterai Li-Ion itu sendiri, yaitu sebagai berikut:

Mengecasnya hingga penuh sesuai indikator yang disediakan, tidak perlu hingga 8 jam karena sebenarnya kebiasaan ini hanya berlaku untuk baterai jenis sebelumnya;

Menggunakannnya untuk standby atau setidaknya untuk aplikasi-aplikasi ringan, seperti untuk sms maupun menyesuaikan pengaturan. Usahakan untuk tidak bermain game, memutar lagu, maupun menonton video dalam tahap ini;

Ulangi poin 1 dan 2 selama 3 kali pengecasan pertama untuk mengoptimalkan daya penyimpanan baterai, agar kemampuan penyimpanan baterai dapat tercipta dengan optimal;

Untuk proses cas keempat kalinya, usahakan jangan sampai habis, kira-kira masih tersisa 15% tenaga, karena membiarkan baterai sepenuhnya kosong justru akan dapat merusak elemen baterai itu sendiri;

Cas dengan mematikan gadget, jangan menggunakannya sambil dicas, karena hal ini akan sangat membebani baterai dan akan berakibat penurunan kualitas penyimpanannya;

Hindari panas yang berlebihan, baik pada saat pengecasan (overcharging) ataupun penempatan (semisal di dekat sumber panas);

Rata-rata baterai jenis ini akan kehilangan 10% kapasitasnya dalam 1 tahun, baik digunakan atau tidak.

Berikut kutipan tanya jawabnya:

Salah satu pertanyaan yang sering muncul di forum BerryIndo adalah cara menjaga baterai BlackBerry secara maksimal, cara charging untuk mempertahankan kondisi / umur baterai.

Lithium-ion “Li-ion” Battery

Ada dua jenis baterai yaitu Nickel-metal hydride (NiMH) dan Lithium-ion (Li-ion) dipasaran. RIM pernah menggunkan NiMH baterai buat BlackBerry Device namum sekarang semua sudah memakai jenis baterai Li-ion. Kami hanya membahas cara menjaga power baterai Li-ion.

Banyak user bingung dan salah mengerti bahwa power baterai harus di kosongkan sebelum di charge. Itu salah karena Lithium-Ion batteries tidak punya “memory” effect yang ada di baterai NiMH.

Tips for new BlackBerrys and Batteries:

Berikut tips untuk baterai BlackBerry baru yang anda baru beli:

1. Pada saat anda pertama mendapatkan Blackberry Device baru, charge baterai secara penuh sampai full 100%. Tidak ada efek samping overcharging karena baterai BlackBerry tidak bisa di overcharge. Biasanya charging awal menggunakan waktu 2-4 jam dengan charger ori BlackBerry. Kadang, baterai baru dikotak bisa saja sudah tercharge 100%, jadi tidak usah tambah charge lagi.

2. Li-ion Batteri TIDAK perlu dilakukan “conditioning” seperti battery lama yang perlu di habiskan / kosongkan battery lalu di charge penuh selama 3 kali.

3. Jika anda adalah user baru BlackBerry jangan lupa karena anda menghabiskan banyak waktu mencoba dan setting BlackBerry anda maka mungkin saja menggunakan lebih banyak baterai dari normal.

Tips Charging Baterai Selanjutnya

1. Karena Li-ion baterai tidak perlu di tunggu sampai kosong untuk dicharge, anda bisa selalu charge baterai anda kapan saja.

2. Setelah setiap 30 charging, baru kosongkan battery anda ke sekitar level 10-15%, lalu charge penuh ke 100%. Hal ini dilakukan untuk maintain ketepatan battery meter. Ingat hal ini dilakukan hanya untuk ketepatan baterry meter level bukan untuk menjaga kerusakan baterai.

3. JANGAN pakai baterai sampai kosong atau ke level 10-20% SETIAP hari! Hal tersebut akan merusak baterai anda. Selalu charge baterai anda untuk menjaga dari kosong, walaupun 10-20 menit charge.

Untuk melihat kondisi batterai, bisa gunakan
Aplikasi MeterBerry Battery monitor

Lebih Baik Charge dalam keadaan OFF atau Power On BlackBerry?

- Charging tidak harus power off BlackBerry namum akan lebih cepat terisi baterai jika di off dan akan pasti terisi penuh jika dalam keadaan OFF. Kalau dalam keadaan ON dan banyak data masuk ke BlackBerry anda pada saat charging, bisa jadi tidak akan/susah terisi penuh, karena daya terpakai setiap ada data masuk. Kalau anda memang perlu menggunakan BlackBerry anda, charging dengan power on tidak bermasalah.

Tips Cara Jaga Baterai Lainnya

1. Gunakan baterai / BlackBerry anda di suhu ruangan standard yaitu -20C s/d +35C dengan humidity 65±20%

2. Selama pemakain baterai, jauhkan BlackBerry / baterai anda dari suhu tinggi / panas dan voltage tinggi.

3. Menjaga baterai dari jatuh, lempar atau impact besar/tinggi

4. Gunakan baterai dengan charger yang cocok dan jangan charge lebih dari 24jam (walaupun charger BlackBerry akan otomatis berhenti charge pada saat full charge.

5. Jika anda tidak menggunakan baterai Li-ion anda, simpan baterai tersebut dengan charging power di sekitar 50% dan simpan di suhu ruangan standard dan kering. Suhu panas seperti di dalam mobil atau ruangan panas akan menghabiskan baterai level secara cepat dan charging di area suhu panas akan menggunakan waktu yang lebih lama.

6. Gunakan material non-conductive yang bukan besi/metal untuk bungkus baterai untuk menjaga dari kerusakan.

7. RIM juga sarankan untuk secara rutin, bersihkan baterai Anda dibagian connector baterai, yang metal//besi dengan kain kering dan bersih seperti yang dijelaskan di Tips Cara Hemat Baterai BlackBerry OS7

Informasi Ketahanan Baterai

1. Secara standard, baterai Li-ion punya kemampuan 300-500 kali charges, (sekitar tahan 2 tahun) tentunya juga sesuai pemakain anda. Baterai Li-ion biasanya tetap memberikan power yang tepat dan kemampuannya yang sama, jika sudah dekat kadaluarsa, akan tiba tiba berhenti daripada pelan pelan rusak.

2. Jika anda banyak menggunakan BlackBerry anda. Beli extra baterai sebagai cadangan biar baterai anda tidak sempat selalu kosong dan merusak baterai.

Comments (6)

    IbnuDecember 27th, 2012 at 4:49 pm      Reply

    Mantap Mas Bro,Gan :)
    Thanks Info nya !
    Bermutu Banget ! :)

    GaryJune 21st, 2013 at 7:46 pm      Reply

    saya memakai bb 9320 , knpa yah stiap saya abis reboot bb saya , stelah itu saya charge , bb saya jadi panas ?

    MelissaJuly 24th, 2013 at 9:28 pm      Reply

    Kalo ngecas bb itu harus pake charger ori dr kotaknya atau pake charger yang lain jg gpp? Sperti chager bb yg lain atau charger hp samsung katna cocok jg buat bb. Atas jawabannya terima kasih :)

      hardi santosaMay 14th, 2014 at 10:49 pm      Reply

      lihat tegangannya kalo sama tidak masalah, klo beda (lebih besar jadi panas, terlalu kecil lama chargenya) dan hati-hati jg bisa merusak komponen didalamnya kalau tegangan dan arusnya beda

    fajarFebruary 13th, 2014 at 9:09 pm      Reply

    Apakah mengecas dengan cas samsung membawa dampak buruk? karena cas blacberry saya rusak!

    junyJune 16th, 2014 at 11:27 am      Reply

    min, minta saran atau petunjuk donk.
    saya punya bb 9300, nah saat saya ngecas bb saya tiba” saya colok malah tak ada respon atau tidak menyala . padahal saya ngecharger tdk pernah power on kok ?
    dan untung’a ada charger bb tipe onxy 1 namun tiba’ charger’a pun jd mati seperti punya saya ? min minta saran ya. trims

Leave a comment

Your comment

- order plavix online - cost of xeloda - buy levitra -