SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
Menampilkan Bill Of Material pada Eagle PCB #5
July 26th, 2012 by hardi santosa

Setelah pembahasan sebelumnya kita belajar untuk membuat rangkaian skematik dan layout pcb dengan menggunakan aplikasi eagle PCB, sekarang kita akan belajar bagaimana cara menampilkan bill of material. Sebelumnya sudah tau bill of material belum ? Bill of material merupakan daftar komponen yang digunakan pada rangkaian yang kita design, atau bahasa mudahnya daftar belanjaan komponen.

Pada eagle pcb kita diberi fasilitas yang memudahkan untuk meng-generatedaftar komponen yang kita butuhkan tersebut. Dengan adanya fasilitas ini kita tidak perlu lagi mencatat manual daftar komponen sebelum pergi membeli komponen. Fasilitas apakah itu ? ULP (User Language Program) merupakan salah satu fasilitas yang disediakan eagle pcb untuk membuat script tambahan untuk alplikasi eagle pcb, contohnya seperti script untuk menampilan bill of material. Jadi untuk membuat bill of material kita harus membuat script sendiri ? Tentu saja tidak, karena secara default ULP untuk menampilkan bill of material sudah disediakan secara default oleh eagle pcb.

Bagaimana cara kita menampilkan bill of material tersebut ? , ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka file skematik dari rangkaian minimum system yang telah Anda buat sebelumnya

2. Pastikan semua value dari komponen telah terisi. Value tersebut fungsinya sebagai nilai fisik dari komponen, contohnya resistor mempunyai nilai 10K, 10K tersebut merupakan value dari komponen. Untuk memasukkan daftar value tersebut, klik simbol Value kemudian klik pada bagian komponen yang akan diberikan nilainya.


Masukkan nilai fisik dari komponen tersebut.

3. Setelah semua value dari komponen telah terisi, selanjutnya kita dapat meng-generate bill of material dari rangkaian yang kita buat. Untuk membuat bill of material, klik simbol ULP kemudian pilih file bom.ulp.

Selanjutnya akan muncul tampilan window Bill Of Material, disini Anda dapat melihat daftar komponen beserta jumlahnya. Pada List type pilih yang Values agar anda dapat dengan mudah melihat jumlah dari komponen yang memiliki nilai sama, hal ini juga dapat memudahkan penjual dalam melihat daftar komponen.

Selanjutnya kita akan menyimpan daftar komponen tersebut dalam file text. Untuk menyimpannya klik saja Save, secara otomatis daftar komponen anda akan tersimpan pada sebuah file txt. Untuk melihat daftar komponen yang telah anda buat coba buka file txt yang telah di-generate tadi, dan lihat isinya ! Daftar komponen kita telah tersimpan dengan rapi.

Anda dapat dengan mudah mencetak dengan printer daftar komponen tersebut, selanjutnya tinggal kirimkan daftar komponen anda pada toko-toko elektronik terdekat.

Semoga bermanfaat !!


3 Responses  
  • دانلود آخرین نسخه تلگرام writes:
    August 23rd, 201612:26 amat

    gooodgoooooo

  • Andy writes:
    September 13th, 20169:42 amat

    saya tidak mengerti yang beginian.. tapi saya yakin, ini pasti sangat berguna dan bermanfaat. Maju terus mimin.

  • Hafiz Abdullah writes:
    September 13th, 20164:51 pmat

    Terimakasih pemberitahuannya admin, sungguh pembelajaran yang penting untuk dipelajari.


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

»  Substance:WordPress   »  Style:Ahren Ahimsa