SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
Tahun Pertama di ELINS
June 12th, 2012 by hardi santosa

Elektronika dan Instrumentasi adalah program studi di jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika dibawah naungan fakultas MIPA. Elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor, dan lain sebagainya. sedangkan Instrumentasi adalah alat-alat dan piranti (device) yang dipakai untuk pengukuran dan pengendalian dalam suatu sistem yang lebih besar dan lebih kompleks.

Aku mengenal ELINS seminggu sebelum penutupan pendaftaran SNMPTN tulis 2011, yaitu melalui buku kumpulan soal-soal SNMPTN yang ada pengenalan program studinya. Elins dari sisi materinya berisi tentang fisika yang fokus pada listrik, hal ini yang membuat ku tertarik karena aku suka fisika, meski 2 tahun SMA aku bergelut didunia biologi. Aku tertarik ELINS karena aku ingin mempelajari tentang kehidupan(robot) alhamdulillah dari biologi yang aku pelajari cukup untuk ku mengaplikasikannya. Keingintahuanku tentang hidup dan kehidupan ini menjadi sebuah teka teki yang ingin ku kuak. Setiap ilmu yang dipelajari menyadarkanku akan kebesaran Sang Pencipta Yang Maha Esa ( ALLAH SWT).

Selain karena fisika dan biologi, saat SD dan SMP aku menyukai Matematika dan tertarik akan algoritma, ditamah lulus SMP aku tertarik ingin ke SMK untuk mendalami Ilmu Komputer. Dasar matematika ini menstimulusku untuk menciptakan algoritma yang bisa digunakan untuk membuat robot.

Setahun kehidupanku di Elins, semua masih dasar apalagi semester pertama, kuliah begitu santai karena materinya yang masih SMA. Namun sayang aku belum bisa mencapai IP maksimal. Di semester kedua sudah memasuki dunia elins yang sesungguhnya. Ada matkul algoritma dan struktur data, elektronika digital, pengantar elektronika.

Pada matkul algoritma dan struktur data 1, ini benar-benar bermain logika. aku tertarik sekali, secara logis aku bisa mengikuti materinya namun dalam praktiknya aku kesulitan dalam mebuat sebuha program karena efek kebiasaan (aku belum terbiasa menggeluti pemrograman). Padahal di elins pemrograman adalah hal yang sangat penting, setiap robot dan instrumen yang akan dikontrol memerlukan sebuah program.

Matkul elektronika digital, ini mengenalkan elins yang sesungguhnya. Disini dipelajari tentang apa itu digital dan bagaimana menggunakan dan membuat perangkat elektronik digital. dasar-dasar elektronika dipelajari disini, mulai dari sinyal, gerbang logika, IC dan lain sebagainya. Pada akhir materi, dipelajari bagaimana cara membuat jam digital. Ini sudah berhasil dibuat namun masih berupa Program yang dibuat di software PRoteus. Untuk membuat hardwarenya aku belum.

Pengaantar elektronika dan instrumenatasi, ini adalah matkul yang menurutku dapat mengenal elins lebih dalam. aku kira pertama mempelajari dasar-dasar elins, namun dalam pelaksanaannya langsung bermain dengan mikrokontroler yang bernama Arduino. minggu-minggu awal aku tidak DONK dengan matkul ini. Setelah dapat tugas untuk membuat proyek uji coba aku baru mulai memahami. apa itu mikrokontroler dan bagaimana menggunakannya. Disinilah elins yang sesungguhnya, namun aku rada susah karena materi pemrograman (algoritma dan struktur data) belum / baru sedang dipelajari. Disini penting sekali kemampuan Otodidak untuk belajar, ya itulah mahasiswa, mengetahui tujuan dan mencari jalannya sendiri.


One Response  
  • satta matka writes:
    November 30th, 20169:16 pmat

    Nice blog. Thank you


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

»  Substance:WordPress   »  Style:Ahren Ahimsa