SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
Grub Error Rescue
November 10th, 2011 by hardi santosa

Hari ini baru aja aku instal ubuntu tapi bukan ubuntu tulen, aku instal double OS ubuntu dan windows 7. Pertama coba berjalan lancar dan coba buka windows juga berjalan lancar. Keserakahanku muncul melihat disk ku yang partisinya terasa kurang,akhirnya aku bagi lagi disk E menjadi 2 sehingga ada disk F. setelah itu aku shutdown.

jeng jeng jeng……..
walah grub linux tidak tarbaca sehingga gak bisa booting dan muncul error system
“grub rescue”

aku yang gak tau apa apa tentang comman prompt langsung bingung dan pasrah. Dalam keputusasaan aku tertidur sejam untuk menghilangkan penyesalan. kemudian aku bangun dan c0ba tanya mbah google.

aku : mbah apa itu grub rescue?
mbah google : silahkan baca di belajar linux
aku buka link tersebut dan disini djelaskan caranya

ketikan baris baris berikut ini :

grub rescue> ls
grub rescue> set prefix=(hd0,6)/boot/grub
grub rescue> set root=(hd0,6)
grub rescue> set
grub rescue> ls /boot
grub rescue> insmod /boot/grub/linux.mod
grub rescue> linux /vmlinuz root=/dev/sda6 ro
grub rescue> initrd /initrd.ing
grub rescue> boot
sd0,6 dan sd6 menunjukan lokasi disk instal ubuntu.

Aku yang masih Fist-Blood nyoba ikut-ikutan sesuai diatas dan baru sampe langkah ke 5 langsung muncul error system. huft aku bingung setengah lupakan ini laptop. Sejenak kemudian aku ingat lagi tadi aku menambah partisi. Berarti lokasi ubuntuku bergeser disknya, jadi aku tebak sekarang lokasi aku instal ubuntu berada di sda7.

Aku ketikan lagi baris diatas dan mengganti sda6 menjadi sda7. pas langkah ke 5 muncul teks panjang….(masih aneh melihat teks di CMD) aku bingung apa ini maksudnya? ternyata tidak apa apa aku lanjutkan langkah demi langkah dan akhirnya selesai.

Muncul banyak tulisan yang aku tak tau apa maksudnya karena aku fisrt-blood didunia komputer pemrograman. Setelah melewati banyak teks akhirnya muncul dah ubuntunya.haha lega rasanya, tapi setelah aku restart ehh seperti tadi lagi. aku mulai paham dan kini gak mati langkah, aku ikuti petunjuk berikutnya supaya kembali normal (yaitu upgrade grubnya). aku masuk ke temrinal dan mengetikan :

sudo upgrade-grub

muncul user dan disuruh mengetikan password,setelah mengetikan pasword di enter dan proses berjalan muncul teks-teks yang masih aneh dalam benak ku. Proses lancar kemudian aku ketikan lagi sesuai kata mbah google :

sudo grub-instal /dev/sda

shet shet shet…. muncul tulisan tentang grub yang aku gak tau maksudnya. Aku manut aja dan melanjutkan kelangkah berikutnya :

sudo  update-grub

system finished.

plong…. lega rasanya 😀

aku restart dan apa yang terjadi???

Semua berjalan lancar dan normal lagi, alhamdulillah yah. Akhirnya gak jadi dah keluar duit buat instal ulang…

Aku niat pake ubuntu supaya tidak memakai program bajakan karena membajak sama saja dosa. aku orang yang beragama(entah ikhlas atau sok agamis hanya yang diatas yang tau :D) jadi harus sadar mana yang baik dan mana yang buruk. insya allah demi kebenaran akan selalu ada jalan. Aku pun dan percaya siapa menanam dia akan memanennya, Jadi kalo sekarang suka membajak program, kelak nanti saat kita menjadi programer pun program-program kita akan dibajak dan keberkahan hilang dari kita.astagfirullah jangan sampe dah…

terima kasih http://sinaulinux.martianuswb.com/

Ilmu yang bermanfaat saat pertama kali memulai, akan ada banyak rintangan yang harus aku lewati, gunakan prinsip mencari kebenaran dan selalu bertazkiyatun nafs (memasukan 3 dan mengeluarkan 3). insya allah semua akan tercapai harapan impian dan massa depan yang cerah.

genbatte!!!!!!!


6,313 Responses